KODE ETIK DAN PERATURAN MEMBER
INFIGRO

I. SYARAT MENJADI MITRA

  1. Melengkapi dan menyerahkan formulir pendaftaran Mitra yang dikeluarkan perusahaan atau dapat dilakukan secara on line di website PT INFIGRO MITRA SEJAHTERA
  2. Dewasa, minimal berusia 18 (delapan belas) tahun.
  3. Membeli paket pendaftaran sesuai ketentuan Perusahaan
  4. Melampirkan foto kopi KTP atau identitas lain yang masih berlaku
  5. Mencantumkan alamat dan nomor rekening bank yang jelas

II. PROSEDUR PENDAFTARAN MITRA

  1. Prospek mempelajari peraturan, marketing plan dan produk sebelum menandatangani formulir pendaftaran Mitra dengan diketahui oleh sponsornya.
  2. Suami istri diperbolehkan menjadi Mitra dengan ketentuan salah satunya saling mensponsori atau masih berada dalam satu jaringan.
  3. Setelah mengisi formulir pendaftaran dan melakukan pembelanjaan maka Mitra akan mendapatkan produk dan serangkaian pedoman dalam menjalankan usaha sesuai dengan marketing plan yang ada.

III. MASA BERLAKU

  1. Masa berlaku kemitraan adalah seumur hidup terhitung sejak tanggal bergabung yang tertulis pada form pendaftaran.

IV. PENSPONSORAN

  1. Penandatanganan pada Formulir Pendaftaran Mitra oleh Mitra baru dan Mitra sponsornya harus dilakukan oleh orang yang bersangkutan secara sah dimana hal tersebut menandakan adanya ikatan yang sah pada jalur pensponsoran.
  2. Up line/sponsor wajib menjelaskan seluruh produk, marketing plan, informasi perusahaan dengan benar serta berkewajiban untuk membantu Mitra baru dalam memulai pengembangan usahanya.
  3. Sponsor tidak dibenarkan memberikan janji-janji yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan tidak sesuai dengan ketentuan perusahaan yang berlaku.
  4. Jika Mitra disponsori oleh 2 (dua) orang maka perusahaan akan menerima dan memproses pendaftaran pertama yang sah yaitu yang telah melakukan pembelian produk dan mendapatkan nomor anggota resmi.
  5. Mitra tidak diperkenankan pindah dari garis sponsor/up line untuk mendaftar kembali dengan disponsori oleh Mitra lainnya.
  6. Apabila dengan alasan yang jelas seperti penipuan atau hal lain yang dianggap tidak wajar sehingga kerjasama antar Mitra terganggu, Mitra dapat mengajukan perpindahan dengan menyerahkan permohonan tertulis kepada PT INFIGRO MITRA SEJAHTERA untuk membatalkan statusnya sebagai distributor dan menunggu selama 6 bulan untuk dapat mengajukan kembali sebagai distributor dibawah sponsor yang baru. Bila semua bukti-bukti dinyatakan benar maka perusahaan berhak untuk mengalihkan pensponsoran.
  7. Apabila terjadi pelanggaran hak-hak pensponsoran maka perusahaan dapat menerima laporan dari para Mitra untuk dapat diambil suatu tindakan tegas sesuai dengan peraturan kode etik yang berlaku.

V. KEWAJIBAN MITRA

  1. Setiap Mitra wajib untuk membina down line dan seluruh mitra yang ada dalam jaringannya melalui support system yang disediakan oleh perusahaaan ataupun yang dikelola sendiri dengan tujuan agar Mitra di dalam jaringannya bisa membina dan mengembangkan usahanya dengan sukses.
  2. Mitra diwajibkan hanya menjual produkproduk resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan
  3. Mitra wajib memberikan bukti pembelian produk kepada konsumen dan bila terjadi klaim oleh konsumen, maka konsumen diwajibkan untuk melampirkan bukti pembelian produk
  4. Mitra wajib menerima pengembalian produk dari konsumen karena diakibatkan penjelasan yang diberikan tidak sesuai dengan yang diklaim atau dijanjikan secara tertulis oleh perusahaan. Pengembalian produk oleh konsumen dengan maksud untuk mendapatkan penggantian/penukaran produk atau pengembalian uang dilakukan 7 (tujuh) hari kerja sejak konsumen membeli produk dari Mitra dengan melampirkan bukti pembeliannya.

VI. HAK MITRA

  1. Mitra berhak mendapatkan Kartu Anggota dengan 1 (satu) Nomor Pengenal. Suami atau istri diperkenankan memiliki Nomor Pengenal yang sama ataupun berbeda selama yang bersangkutan masih berada dalam jaringan yang sama.
  2. Seorang Mitra berhak memasarkan produk INFIGRO dan mensponsori siapa saja, dimana saja sepanjang tidak melanggar kode etik dan peraturan yang telah ditetapkan perusahaan.
  3. Setiap Mitra/distributor akan mendapatkan bonus sesuai dengan ketentuan marketing plan yang berlaku.
  4. Apabila seorang Mitra meninggal dunia maka keanggotaannya dapat dialihkan melalui Surat Wasiat kepada Ahli Waris dengan menyerahkan Surat Kematian, salinan resmi dari Surat Wasiat dan Kartu Keluarga paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tanggal kematian.

VII. LARANGAN BAGI MITRA

  1. Mitra tidak dibenarkan menjual produk produk-perusahaan lebih rendah dari harga konsumen yang telah ditentukan oleh perusahaan
  2. Mitra tidak dibenarkan menjual atau memamerkan produk perusahaan di toko, supermarket, apotik dan tempat umum lainnya yang dianggap mengganggu dan merugikan distributor lain.
  3. Mitra tidak dibenarkan mengajak Mitra lain untuk menjalankan bisnis Multi Level Marketing lain yang berdampak merugikan perusahaan.
  4. Mitra tidak dibenarkan bekerja dalam perusahaan sejenis/Multi Level Marketing sebagai manajemen.
  5. Mitra dilarang menyalahgunakan merek dan logo perusahaan pada barang cetakan atau dalam sebuah iklan tanpa persetujuan tertulis dari perusahaan.

VIII. PEMBELIAN PRODUK

  1. Masa pembelian produk untuk pengumpulan Nilai Bonus oleh distributor setiap bulan dimulai per tanggal 1 s/d akhir bulan kalender baik di kantor pusat maupun stokis.
  2. Pembelian paket produk tertentu akan dikenakan biaya pengiriman sesuai dengan wilayahnya.
  3. Perusahaan akan mengarahkan pembelian kepada stokis di daerah tersebut bila sudah ada stokis (Tidak mengikuti ketentuan minimal). Fee stokis tetap akan diberikan sebagai bentuk pelayanan kepada Mitra di daerah.
  4. Laporan stokis sudah harus diterima kantor pusat PT INFIGRO MITRA SEJAHTERA paling lambat tanggal 5 (lima) setiap bulannya.
  5. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas keterlambatan laporan penjualan atau kekurangan jumlah nilai bonus produk yang dilaporkan karena kesalahan Mitra yang bersangkutan atau kesalahan laporan.
  6. Pemilihan produk untuk belanja otomatis dilakukan Mitra pada bulan selanjutnya bisa melalui stokis atau langsung ke perusahaan melalui online ordering.
  7. Apabila Mitra tidak melakukan pemilihan produk untuk belanja otomatis di bulan selanjutnya, maka perusahaan akan memilihkan produk belanja otomatis.

IX. PEMBAYARAN BONUS

  1. Bonus Pendaftaran / Plan A dibayar harian (Hari Kerja).
  2. Bonus jaringan periode tgl 1-31 dibayar di tgl 10 bulan berikutnya.
  3. Bonus akan ditransfer ke rekening masing masing kecuali apabila Nilai Bonus dibawah Rp 50.000 maka akan diakumulasikan dengan bonus lainnya.
  4. Biaya Administrasi Bonus Rp 10.000,-.
  5. Pajak pasal 21 akan dikenakan sesuai ketentuan pemerintah yang berlaku.
  6. Keterlambatan penerimaan bonus yang diakibatkan oleh Bank adalah di luar tanggung jawab perusahaan
  7. Jumlah Bonus ditransfer dapat dilihat dan dicetak dalam Statement Bonus Mitra yang dapat dilihat di website perusahaan.
  8. Tutup poin bulanan sebesar 20% dari bonus pasangan. Tutup poin maksimal Rp. 1.000.000,- akan dipotongkan langsung secara otomatis (apabila nilai belum mencapai minimal dapat diakumulasikan ke bulan berikutnya).
  9. Mitra wajib memberitahukan ke perusahaan apabila ada perubaha nomor rekening Bank.

X. SANKSI SANKSI

Jika terdapat pelanggaran Kode Etik oleh Mitra , Perusahaan akan memberikan teguran Lisan dan Tertulis sanksi seperti di bawah ini:

  1. Sanksi merupakan upaya terakhir yang diambil oleh perusahaan dan menjadi hak otoritas perusahaan dalam memberikan tindakan sebagai konsekuensi logis atas segala bentuk pelanggaran terhadap kode etik dan peraturan distribusi yang terbukti dilakukan oleh Mitra.
  2. Apabila seorang Mitra terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan peraturan perusahaan yang telah ditetapkan maka perusahaan berhak memberikan sanksi berupa: teguran secara lisan, peringatan secara tertulis, penghentian pembayaran bonus dan pencabutan keanggotaan.

XI PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Apabila terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat antara Mitra dengan perusahaan, maka untuk penyelesaiannya dipakai jalan musyawarah mufakat.
  2. Apabila upaya penyelesaian tersebut tidak membawa hasil maka akan diselesaikan secara jalur hukum melalui kantor kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Barat.